Laptop/PC Gaming

Cara Tepat Memilih Laptop Gaming

Cara Memilih Laptop Game Online

Cara Tepat Memilih Laptop Gaming

Anda Maniak Game Online ? tentunya sudah tahu tentang kebutuhan yang diperlukan untuk bisa menikmati sebuah game online dengan kualitas terbaik. Berikut ini, kami paparkan cara tepat memilih laptop gaming.

Untuk memilih jenis laptop sesuai kebutuhan game tentunya hal yang mudah namun perlu diketahui standard laptop yang cocok. Jika anda hanya asal dan salah menggunakan laptop untuk bermain maka tentun ada banyak resiko yang harus anda tanggung. Kemungkinan yang akan terjadi jika salah memilih laptop yaitu, anda tidak akan bisa menikmati game, laptop yang anda pakaipun akan berpeluang besar rusak.

Selain itu ada beberapa peralatan tambahan ang wajib anda ketahui. Berikut kriteria memilih laptop yang tepat untuk bermain game online denagn syarat spesifikasi tertentu

1. Prosesor

Contoh prosesor laptop gaming

Poin utama yang harus dipertimbangkan adalah jenis dan tipe prosesor yang digunakan. Jika Anda penggemar game-game berat, minimal harus menggunakan Intel® i5, untuk AMD adalah A10 atau FC series.

Tapi jika game yang dimainkan masuk kategori ringan, Intel® i3 atau AMD A4 Dual Core sudah cukup mumpuni. Prosesor Intel sedikit lebih unggul dari AMD karena tidak cepat panas dan lebih hemat daya. Cocok bagi Anda yang doyan bermain game sampai berjam-jam. Selain itu, pastikan prosesor Intel yang digunakan berkode MQ atau HQ. Contoh Intel® Core™ i7 6700HQ.

2. Kartu Grafis/Video Graphic Adapter (VGA)

NVIDIA GeForce GTX 980

Agar bisa menikmati kualitas grafis yang ditampilkan sebuah game, Anda butuh kartu grafis atau VGA yang mumpuni. Jangan pernah mengandalkan VGA onboard. VGA jenis ini tidak akan mampu menampilkan grafis berkualitas tinggi.

Sebuah laptop gaming terbaik haruslah punya kartu grafis sekelas NVIDIA® GeForce® GTX series atau minimal GT840. Untuk AMD, minimal menggunakan seri R7 atau R9.

Patut diingat, hal yang penting dalam sebuah VGA adalah kualitas dari chipset-nya. Ini akan menjamin tampil gambar lebih luwes dan halus. Kapasitas memori pada VGA pengaruhnya kurang signifikan dalam memunculkan gambar bergrafis tinggi.

3. Random Access Memory (RAM)

Contoh RAM DDR3

Komponen penting lain dalam sebuah laptop gaming adalah RAM. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan data sementara saat Anda bermain game. Semakin besar kapasitas sebuah RAM, maka akan semakin bagus.

Untuk game-game ringan sebenarnya sudah cukup dengan kapasitas RAM 2 GB. Tapi akan lebih bagus jika Anda menggunakan RAM minimal 4 GB. Tapi, untuk game-game kelas berat, minimal dalam laptop terpasang RAM 8 GB.

Usahakan tipe RAM yang digunakan minimal DDR3. Akan lebih baik jika sudah menggunakan DDR4. Akan lebih baik juga jika laptop punya slot RAM lebih dari satu, untuk mempermudah Anda jika kemudian hari ingin meng-upgrade kapasitas RAM.

4. Hard Disk Drive

Contoh HDD 1TB

Jika RAM dipakai untuk menyimpan data sementara, Hard Disk Drive (HDD) untuk menyimpan data secara permanen. Pastikan HHD yang ada pada laptop yang Anda beli setidaknya punya kapasitas 1 TB.

Mengapa? Karena game-game saat ini butuh ruang yang besar untuk meng-install maupun menyimpan datanya.

Untuk kecepatan carilah HDD dengan minimal 5400 RPM. Kecepatan membaca data ini akan membantu saat proses loading game. Semakin tinggi kecepatannya maka semakin cepat memproses sebuah game untuk dimainkan.

Selain HDD, laptop saat ini juga sudah menggunakan Solid State Drive (SSD). Jenis ini punya kemampuan 2 kali lipat HDD. Namun umumnya kapasitas yang disediakan lebih kecil dari HDD.

5. Baterai

Bagi para gamer yang cukup maniak, memainkan game dalam waktu 2-3 jam sangatlah singkat. Umumnya bisa bertahan di depan laptop hingga 5 sampai 6 jam.

Karena itu pilihlah laptop gaming dengan kapasitas baterai yang besar. Setidaknya ini akan membantu Anda tidak harus cepat mengisi ulang baterai saat bermain game.

Selain itu, keberadaan sistem pendinginan yang mumpuni akan turut membantu kinerja baterai. Suhu baterai bisa tidak cepat panas jika laptop punya sistem pendinginan yang bagus.

6. Keyboard

Contoh keyboard backlight

Komponen yang satu ini cukup vital keberadaannya bagi para gamer karena sebagian besar game harus menggunakan keyboard saat bermain. Oleh karena itu, carilah laptop dengan tombol keyboard yang cukup empuk supaya jari tidak cepat lelah saat bermain game.

Keyboard dengan backlight menjadi opsi menarik dari sebuah laptop gaming. Lampu yang menerangi keyboard akan membantu Anda ketika bermain game di tempat yang kurang pencahayaan.

Untuk mempermudah Anda bermain game, lebih baik cari laptop yang memiliki numpad pada keyboard. Numpad akan sangat membantu ketika Anda harus mengetikkan angka-angka yang ada di dalam sebuah permainan.

7. Resolusi Layar

Layar yang jelas kontras dan warnanya akan membuat para gamer bermain dengan senang. Untuk mendapatkan gambar yang tajam dan halus, resolusi layar pada laptop Anda haruslah full HD 1920 x 1080 piksel.

Meski demikian, dengan resolusi 1366 x 768 piksel pun sebenarnya sudah mencukupi untuk bermain game berat sekalipun. Tapi dengan resolusi yang tidak full HD maka detail grafis yang ada di dalam game tidak akan muncul dengan sempurna.

Sementara untuk ukuran layar, pastilah lebih enak bermain game dengan ukuran layar yang besar. Ukuran 15 inci rasanya menjadi batas minimal. Jika masih kurang, Anda bisa memilih laptop gaming dengan ukuran layar 17 inci.

8. Audio

Atmosfer game akan terasa kurang jika kualitas audio yang disediakan terlalu standar. Sejumlah produsen laptop gaming pun sudah menyadari hal tersebut. Seperti halnya ASUS yang pasti menyediakan Republic of Gamers Audio Wizards di setiap serial produk mereka.

Anda bisa menggunakan headphone atau speaker eksternal untuk mendapatkan audio lebih detail. Bisa juga menambahkan subwoofer agar audio yang dihasilkan tidak terlalu cempreng.

9. Port

Contoh port laptop

Meski terkesan sepele, port yang disediakan laptop ternyata bisa menjadi penting bagi para gamer. Setidaknya laptop Anda harus menyediakan 3 port USB 3.0 dan 1 port HDMI.

Port USB berguna ketika ada perangkat lain, seperti joystick, yang harus dihubungkan ke laptop. Sementara port HDMI bakal terpakai ketika ingin menghubungkan ke layar yang lebih besar.

10. Garansi

Sebuah laptop gaming terbaik haruslah punya garansi yang tak kalah baik. Minimal satu tahun garansi spareparts dan service. Beberapa merek laptop gaming dengan spesifikasi tinggi bahkan berani memberi garansi hingga 2 tahun.

Garansi ini sangat penting ketika laptop Anda mengalami masalah. Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk melakukan pergantian spareparts maupun jasa service. Dengan catatan, selama laptop yang Anda beli masih berada dalam masa garansi.