Harga Laptop/PC

Lenovo IdeaPad S10-3

Salah satu produk yang dipamerkan Lenovo di gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2010 lalu kini hadir di Indonesia. Seri lanjutan IdeaPad yakni S10-3 ini hadir lebih tipis dengan desain manis.

Dilihat sekilas, S10-3 memang memiliki bentuk yang cukup manis dibanding seri terdahulu. Netbook ini tampil dengan desain elegan dilengkapi balutan brushed metal di beberapa sisinya.

Dari sisi prosesor, Lenovo telah mengikutsertakan S10-3 pada ‘pesta’ Pine Trail yang diadakan Intel. Proseor Intel Atom N450 yang dimilikinya diklaim lebih baik dari seri S10, atau S10-2 terdahulu. Bahkan untuk kegiatan multi-tasking sekelas office.

Kesan pertama yang dirasakan detikINET saat melihat netbook ini, adalah bentuknya yang lebih elegan dan manis dari S10 terdahulu. Jika S10 dan S10-2 didominasi warna putih, kini S10-3 hadir dengan kombinasi warna hitam dan coklat tua.

Dari bobot dan ketipisan, S10-3 tergolong netbook yang tipis, jika dibanding seri Acer Aspire One, MSI, ataupun HP mini note. Baterai 6 selnya juga tidak nampak menonjol seperti pada HP mini note atau MSI. Sayang saat digoyangkan, ada sedikit bagian yang kurang solid pada sisi antara baterai dan body.

Untuk covernya, S10-3 terdiri dari kombinasi material plastik dengan cora brushed metal pada bagian keyboard. Kemudian bagian belakang monitor kini dibalut desain kotak-kotak kecil –l ayaknya motif kain bali — yang nampak bersinar, jika ada cahaya yang memantul. Ditambah lagi dengan LED backlit panelnya yan sejuk di mata. Sangat indah dan nyaman.

Untuk keyboard, nampaknya Lenovo juga merombak khas S10 terdahulu. Kini dengan keyboard bergaya chiclet, S10-3 rasanya jauh leih resposif jika digunakan untuk mengetik dibanding seri S10 sebelumnya. Saat digunakan detikINET untuk mengetik secara cepat, keyboard ini berbunyi ‘cetak-cetek’. Secara umum keyboard S10-3 terasa lega dibanding netbook lain karena desain full-sizenya.

Satu lagi yang paling menarik dari netbook ini yaitu Touchpad. Lenovo telah mengubah tampilan keseluruhan bagian touchpad menjadi lebih simple. Panel klik kanan dan kiri, kini telah dibenamkan menjadi satu dengan touchpad, berbalut motif brushed metal yang licin.

Secara desain, tampilannya memang menarik. Namun sayang, saat digunakan untuk melakukan drag & drop pada sebuah file, perangkat ini terasa licin. Saat detikINET mencobanya, desain baru ini malah terasa aneh. Karena tombol klik kiri dan kanan menjadi keras, terkesan kurang responsif.

Dalam pengujian, detikINET mencoba bekerja dengan menghidupkan Wi-fi, dengan settingan default hinga netbook ini mati. Hasilnya, IdeaPad S10-3 mampu bertahan dalam durasi sekitar 5 jam. Tidak mengecewakan.

Untuk kebutuhan lain seperti menonton streaming YouTube full HD, serta melakukan pekerjaan multi-tasking office, IdeaPad S10-3 jauh lebih lancar dari S10-2 terdahulu. Ini semua karena prosesor Intel Atom terbaru N450, dengan memori RAM sebesar 1GB.

Layaknya sang sepupu IdeaPad S10-3t, netbook ini memiliki resolusi maksimal 1024 x 600. Saat dijajal detikINET untuk browsing, mengetik dengan Microsoft Office, sembari mendengarkan file .mp3, netbook ini berjalan cukup lancar.

Sayangnya body laptop ini sedikit terasa hangat, walau desain sirkulasi udara bawah body nampak merata. Saat dijajal detikINET untuk mengetik sekitar 2 jam, entah mengapa telapak tangan terasa sedikit panas. Bisa jadi ini karena desain brushed metalnya yang berbahan bukan plastik. Dalam hal ini IdeaPad S10-2 lebih terasa dingin.

Sepanjang pengujian yang pernah dilakukan detikINET, mungkin IdeaPad S10-3 termasuk netbook yang memiliki kualitas audio di atas rata-rata. Dengan sertifikasi Dolby yang dimilikinya, suara treble dan vocal musik berformat .mp3, kini jauh lebih ‘keluar’. Begitu juga dengan bass nya.

Tak puas dengan itu, detikINET mencoba memaksimalkan semua setting volume audio S10-3. Hasilnya pun bisa ditebak. Suara musik .mp3 yang keluar tidaklah pecah. Jika masih tak puas dengan kualitas audionya, pengguna bisa menancapkan headphone, untuk mendapat hasil suara yang lebih bagus.

Kesimpulan:

Nah, pertanyaan yang muncul adalah siapa pengguna yang cocok memakai IdeaPad S10-3 ini? Berdasar rujukan detikINET, konsumen loyal Lenovo sudah pasti wajib menggunakan produk ini sebagai PC kedua mereka.

Pengguna IdeaPad S10 seri terdahulu yang ingin mengupgrade netbook mereka, tak perlu berpindah merek. Netbook seharga Rp 3,9 juta kini bakal membuat konsumen setia Lenovo menjadi lebih loyal.

Secara umum S10-3 juga cocok digunakan kalangan pelajar dan mahasiswa, ataupun blogger yang memiliki mobilitas tinggi. Pasalnya desain tipisnya sangat mudah untuk disimpan dalam tas. Ditambah suara dan keyboard chiclet yang manis, netbook ini memang menarik untuk dimiliki.Kelebihan:

  •  Desain tipis dan menarik
  • Suara menggelegar dan tidak pecah

Kekurangan

Touchpad lici

 Spesifikasi Umum:

  • CPU: Intel Atom N450 (1,66 Ghz)
  • OS: Windows 7 Starter Edition (32-bit)
  • Display: 10,1 inchi (1024×600)
  • Memori RAM: 1GB (up to 2 GB)
  • Baterai: 6-cell
  • Berat: 1,2 kg
  • I/O: 3 USB, 2 jack audio, LAN, VGA
  • Storage: 250 GB
  • Harga: Rp 3,9 juta