Spesifikasi Laptop/PC

Lenovo Thinkpad X201

Sedikit curhat aja bahwa Thinkpad inilah pertamakalinya saya naksir sama seri Thinkpad. Bentuknya kotak, hitam, matte, kalo dilihat secara kacamata desain, ini bukanlah laptop stylish trendi yang kece, tapi sebaliknya, lebih tepatnya seperti kotak makan ‘bento’ Jepang yang kikuk dan kuno.

Tapi disitulah kekuatan Thinkpad terselubung, dia kuat dan legendaris. Pertamakali diperkenalkan oleh IBM dan sekarang berpindah tangan ke Lenovo. Yap, akhirnya saya bisa juga bawa pulang Thinkpad X201 yang macho.

Kalau kita lihat sepintas pun, jelas hampir tidak ada bedanya dengan pendahulunya X200 (terbukti masih bisa dipasangi ultrabase milik X200). Spesifikasi milik saya dilengkapi dengan Intel Core i5, RAM 4 giga, Windows 7 32 bit, grafik Intel GMA integrated dan tentunya punya ThinkLight. Secara universal, X201 memiliki dimensi 11.6 inchi.

Kenapa saya pilih X201 ketimbang seri X yang lebih baru lainnya? Sebenarnya lebih ke selera pribadi sih, X201 punya keyboard bevel, hitam matte (seperti seri X lainnya), dimensi kedua sisi kiri-kanan keyboard hampir bersentuhan dengan sisi laptop itu sendiri, jadi berkesan padat dan tidak menyia-nyiakan tempat.

Bagi yang penasaran dengan X201, sayangnya seri ini sudah sulit ditemukan, Lenovo sudah memperbarui seri X dengan yang lebih baru.

Sekedar kesimpulan dari saya, kalau Anda lebih suka bepergian untuk mengerjakan tugas daripada diam dirumah, maka X201 cocok untuk Anda. Laptop ini tidak terlalu berat dan memang dibuat untuk mobile, mereka yang suka bepergian. Saya pernah bawa Thinkpad L412 saya untuk bepergian dan hasilnya kurang nyaman, sebaliknya seri ini jauh lebih ringan. Dari segi performa ini bukan untuk game, Anda tidak akan puas bermain game dengan VGA Intel onboard. Overall, ini adalah mesin yang cocok untuk Anda yang gemar bepergian untuk tugas kantoran.

Plus : Thinkpad dikenal kuat, tahan banting, dan keyboard anti air. Anda mendapat dukungan dari ThinkVantage dan aplikasi lainnya yang sangat membantu, seperti anti guncangan (ThinkVantage Active Protection System), Fingerprint reader dan banyak lagi. Anda juga mudah mengakses upgrade memori, keyboard dan lainnya karena laptop ini memiliki dukungan untuk ‘dibongkar’.

Minus : VGA card on-board, Anda tidak bisa bermain game keren disini. Touchpad cukup membuat Anda pegal (mungkin karena ukurannya kecil). Overheat bahkan muncul issue random shutdown